Translate

Jumat, 02 Agustus 2013

ANDA, KELUARGA, DAN TEMAN LUPA/TIDAK TAHU PADA HARI APA DILAHIRKAN, MS EXCEL MENJAWAB (bag 3)

Kombinasi Logika IF dengan formula lain.

Sebagai lanjutan penggunaan fungsi IF, ulasan berikut adalah sebagian dari integrasi  fungsi IF dengan fungsi-fungsi lain di dalam MS Excel.  Dalam hal ini saya akan mencoba mencari masalah sederhana yang menarik untuk dipecahkan dengan formula integrasi tersebut. Dengan demikian anda bukan hanya sekedar mempelajari tentang teori, tetapi  diharapkan juga membangkitkan inspirasi anda untuk berkreasi dengan fungsi-fungsi yang ada.
Pernahkan anda bertemu orang yang tidak mengetahui  hari lahirnya ?, pernahkah anda bertemu orang yang ragu akan hari lahirnya ?, yakinkah anda dengan hari lahir anda, saudara, anak, kerabat, teman dan kawan-kawan ?. Hari lahir bagi masyarakat Indonesia secara umum menganggap penting terutama adat di beberapa daerah. Jika anda mendapatkan kesulitan, ternyata MS Excel dapat menjawab secara akurat 100% tanpa kesalahan sekalipun peristiwa itu terjadi pada tahun 1800, kalau anda tahu persis tanggal, bulan, dan tahun terjadinya perang Diponegoro maka anda dapat pastikan pada hari apa perang itu terjadi.
Untuk mencari hari dalam MS Excel, di pergunakan  fungsi  WEEKDAY yang terdapat dalam rumpun DATE & TIME (sudah dibahas sebelumnya). Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Ketik  tanggal,bulan, dan tahun  pada cell sembarang (misal  C4), untuk lebih pastinya diisi dengan tanggal sekarang.
  2. Langkah berikutnya  adalah  pilih cell (misal  C6) selanjutnya ketik : =weekday(C4), enter. Anda sudah dapat melihat hasilnya berupa angka, adapun  angka dengan konversi  1=minggu, 2=senin, 3=selasa, 4=rabu, 5=kamis, 6=jum’at, 7=sabtu.
Gambar 10
 

  1. Untuk merubah angka-angka tersebut menjadi  nama-nama hari, maka pergunakan fungsi IF dengan langka-langkah pilih cell (misal  C8), kemudian  ketik rumus :
=IF(C6=1;"Minggu";IF(C6=2;"Senin";IF(C6=3;"Selasa";IF(C6=4;"Rabu";IF(C6=5;"Kamis";IF(C6=6;"Jum'at";"Sabtu")))))), kemudian enter.

Gambar 11
 Wow rupanya anda kini selangkah lebih maju dalam belajar memanfaatkan  formula di dalam MS Excel. Jika anda tidak menginginkan banyak menggunakan cell, seperti untuk tidak menggunakan cell C6 sebagai cell bantu, maka  integrasikan rumus cell C6 {=weekday(C4) } ke dalam rumus  pada cell  C8, dengan langkah cepat : Copy  rumus pada cell C4, kemudian tindas dan Paste pada C6 semuannya yang terdapat pada rumus  cell C8, kemudian enter.  Kalau bingung bin blunder ….. ketik manual saja  semua C6 yang ada ganti dengan  weekday(C4), dan enter, delete cell C6 karena sudah tidak dipergunakan lagi.

Gambar 12









Seperti biasa, suatu produk sebelum dipasarkan dan dipergunakan  harus diuji terlebih dahulu, apakah benar-benar sudah sesuai dengan harapan tanpa ada kesalahan. Untuk mengujinya silakan coba berulang-ulang dengan rentang waktu yang  cukup representative  yaitu  waktu sekarang, masa lalu, dan masa lampau  atau bisa jadi masa depan kalau anda ingin mengetahui misalkan saja ulang tahun anda tahun depan jatuh pada hari apa.
Wah hebat, rupanya rasa ingin tahu anda begitu menggebu-gebu, kini anda sudah lebih cerdas !!!  selamat mencoba.

Tidak ada komentar: