Translate

Rabu, 14 Agustus 2013

MONITORING STATUS GIZI (BB/U) DENGAN MICROSOFT EXCEL SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF (Bag. 6)

Salam Sukses,
Setelah membahas beberapa fungsi (formula) penting dalam MS Excel, dan bagaimana membuat aplikasi sederhana menghitung status gizi, kini saya akan menyajikan aplikasi yang sudah siap pakai yang bisa langsung dipergunakan dilapangan, yaitu Aplikasi monitoring Status Gizi Balita. Seperti kita ketahui bahwa salah satu kegiatan Gizi Masyarakat  yang rutin dilaksanakan adalah pemantauan/monitoring Status Gizi baik yang didanai oleh Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Bagi para petugas Gizi tidak sedikit yang mengalami kendala dengan menggunakan Software  yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Pusat, secara empiris kendala tersebut diantaranya ketika menginput data karena program tersebut sifatnya inklusif  dan susah untuk input data secara terpisah (misalkan dengan menggunakan dua, tiga, atau lebih komputer) yang berakibat inefisensi waktu dan cukup melelahkan. Sebagai solusi maka sebenarnya MS Excel menawarkan formula-formula yang memungkinkan dipergunakan dalam kegiatan tesebut.
Sebagai pembanding berikut saya sajikan bagaimana MS Excel bekerja dalam mengelola data status GIZI dan untuk aplikasi program sudah tersedia tinggal di DOWNLOAD DI SINI (Status Gizi Versi Matang).

Aplikasi yang saya buat, untuk sementara dapat menampung  kurang lebih 3.000  data Balita serta pengoperasian yang sangat mudah dan familiar.

Bagaimana Aplikasi Bekerja ?

Pada sheet  pertama  merupakan  sheet  yang diperguanak untuk input data sekaligus mengelola hasil dari database yang di input (lihat gambar berikut)

gambar 20

pada gambar di atas tampak kolom yang berwarna hijau merupakan kolom yang diisi dengan database Balita antara lain : Nama Balita, Jenis Kelamin, Alamat, Tanggal lahir, Tanggal Penimbangan, Berat badan. Anda tinggal mengisi sesuai hasil penimbangan dan data sasaran. Pada kolom yang berwarna abu-abu merupakan kolom hasil pengolahan data : Umur, Status Gizi BB/U (Laki-laki), dan Status Gizi  BB/U (Perempuan), pada kolom tersebut akan terisi dengan sendirinya setelah data diinput, mudah kan

Selanjutnya pada sheet 2 (Rekapitulasi Hasil Penimbangan)

gambar 21

Pada gambar di atas, merupakan rekapitulasi hasil penimbangan yang telah dikelompokan  menurut kelas usia dalam bulan  1-3, 4-6 dan seterusnya, dalam hal ini  interval 2 dipergunakan hanya sampai umur 2 tahun, atau yang bisa di sebut  Golden Period (1000 hari).Selanjutnya interval 11 bulan dipergunakan (25-36, 37-48, 49-60). Data tersebut terisi secara otomatis, sehingga petugas Gizi dapat langsung menganalisa baik dengan uji setatistik maupun analisis kecenderungan.

Sheet 3 (Grafik) merupakan sheet terakhir yang menyajikan data dengan grafik dengan sumber data dari sheet 2(rekapitulasi data), berikut gambar grafik yang tersaji.

gambar 21.
Bagi yang sudah biasa membuat grafik dengan MS Excel,  grafik dapat diubah sesuai selera misalkan diubah dengan grafik  lingkaran atau yang lainnya. Pada judul dapat diisi sesuai kondisi, cukup klik 2 kali maka anda dapat mengedit judul, tanggal pelaksanaan dan lain-lain.Ada beberapa catatan penting dalam menjalankan aplikasi PSG  antara lain :
  1. Memory  File sebelum input data  7,8 MB, disarankan  minimal RAM 500 MB, lebih bagus RAM 1 Giga ke atas.
  2. Setting Region and Language pilih  Indonesia.
  3. Bisa dijalankan dengan Office  2003, lebih disarankan dengan Office 2007 atau generasi terbaru

Tentunya ada kemungkinan user bertanya, bagaimana jika data lebih dari 3000 Balita....?
Inilah keistimewaan MS Excel, file dapat digandakan sebanyak kebutuhan dengan data yang akan diolah, sehingga mempermudah pekerjaan dengan melibatkan banyak orang bekerja dalam waktu yang bersamaan, kemudian dari hasil pengerjaan untuk mengurangi beban penympanan datam maka hasil dapat di copy  kemudian Paste Special selanjutnya pilih Value, maka hasi copy tersebut merupakan file dengan tanpa rumus yang tentunya sedikit membutuhkan memori.

Bagi yang tertarik dan berminat saya ucapkan selamat mencoba......... salam

Tidak ada komentar: