Translate

Sabtu, 03 Agustus 2013

PENGOPERASIAN LOGIKA AND DAN OR DALAM PENGOLAHAN DATA (bagian 4)


Pengoperasian Logika AND terintegrasi dengan fungsi lain.

Logika AND diambil dari bahasa Inggris yang berarti DAN, hal ini dijelaskan bukan berarti pembaca tidak tahu bahasa inggris tetapi agar pembaca tidak berasumsi lain, tidak jarang ada yang menganggap itu adalah singkatan atau bahasa computer dan sebagainya. Logika AND merupakan logika untuk menetapkan berbagai criteria pada suatu obyek, dan semua criteria itu harus dipenuhi, misalkan saja sebuah perusahaan membuka lowongan kerja dengan persayaratan sebagai berikut :
1.       Usia minimal 20 tahun dan tidak boleh lebih  dari 40 tahun
2.       Pendidikan minimal SMA sederajat.
3.       Lulus Ujian Tulis.
Sementara ini cukup dengan 3 kriteria atau persyaratan, dan marilah mencoba mengelola data tersebut dengan memanfaatkan logika AND, dan tidak menutup kemungkinan berkembang dengan memanfaatkan fungsi-fungsi lainnya didalam MS Excel.  Berdasarkan criteria diatas (point 1) telah ditetapkan  usia minimal 20 tahun dan maksimal 40 tahun. Apabila criteria tersebut akan dituliskan dalam MS Excel dengan menggunakan logika AND, maka sebaiknya dibahasakan dengan bahasa sehari-hari kita berbunyi :
“Usia  sekurang-kurangnya 20 tahun  DAN  setingi-tingginya 40 tahun”. Perhatikan gambar berikut :
Gambar 13.

Perhatikan penulisan formula untuk fungsi AND pada Cell G5, terkait dengan Cell D5  yang mencantumkan usia dari pelamar.
=AND(D5>=20;D5<=40)   dibaca demikian :  “Cell D5 lebih besar/sama dengan 20  DAN  lebih kecil/sama dengan 40”
Jika kedua criteria tersebut terpenuhi, maka  computer akan mengatakan  TRUE dan jika salah satu atau keduanya tidak terenuhi maka computer akan mengatakan  FALSE.

Pengoperasian Logika  OR

Pembahasan akan berlanjut hingga table dan rangkaian fungsi dalam table dapat difahami dengan benar. Berikutnya adalah pengoperasian logika OR (dalam bahasa Indonesia berarti  ATAU). Logika OR dipergunakan untuk menetapkan cukup satu criteria terpenuhi dari sekian banyak criteria. Kembali pada criteria atau syarat yang ditetapkan pada point 2 :
“Pendidikan minimal SMA sederajat”, artinya  lulusan SMA atau D1 atau D2 atau D3 atau D4 atau S1 atau S2 atau S3 semua memenuhi  criteria. Perhatikan gambar berikut :

Gambar 14.

Penulisan untuk logika OR dalam pengolahan data tersebut adalah :
=OR(E5="SMA";E5="D1";E5="D2";E5="D3";E5="D4";E5="S1";E5="S2";E5="S3"). 
Jika salah satu criteria pendidikan terpenuhi, maka computer dengan sendirinya akan mengatakan  TRUE. Sepertinya anda siap untuk menerima penjelasan berikutnya, dan semakin tampak kecerdasan anda dalam memahami suatu system.
Kini memasuki criteria ketiga yang ditetapkan yaitu :
“Lulus Ujian Tulis”. Kalau yang ini agak ringan karena cukup diketik  L (Lulus) bagi yang Lulus Ujian Tulis, sedangkan TL (Tidak Lulus) bagi yang tidak lulus ujian tulis. Namun untuk keseragaman maka kita konversi L dan TL menjadi  TRUE dan FALSE.  Dalam hal ini dipergunakan kembali fungis IF seperti yang sudah dibahas sebelumnya (bag 3). Perhatikan gambar berikut :
 
Gambar 15.










Penulisan formula dengan fungsi IF terkait dengan Cell  F5 (Hasil test tulis) pada MS Excel adalah :
=IF(F5="L";TRUE;FALSE).
Tahap berikutnya adalah menentukan  hasil akhir, apakah di terima atau tidak si pelamar setelah semua data sudah di entry ke dalam table.
Pada kolom J yang berisi  PENERIMAAN, jika Cell tertulis TRUE berarti semua criteria penerimaan pegawai/karyawan terpenuhi sedangkan FALSE artinya sebagian atau semua criteria tidak terpenuhi, data tersebut terkait dengan Cell  G5, H5, I5 dengan penulisan rumus sebagai berikut :
=AND(G5=TRUE;H5=TRUE;I5=TRUE)
Selesailah sudah uraian bagaimana mengoperasikan fungsi AND, dan OR, kemudian langkah selanjutnya adalah  Copy semua rumus yang ada pada baris 5, yaitu kolom G, H, I, dan J, kemudian Paste ke bawah sebanyak kebutuhan anda. Jika sudah di Copy rumus yang ada, maka data tinggal di entry dan computer akan mengelola sendiri.
Salut buat anda, kini semakin canggih dalam penguasaan  MS Excel. Apakah masih sanggup untuk dilanjutkan …?  Luar biasa ternyata anda  pecandu MS Excel hingga tidak sabar lagi menunggu. Baiklah, masih tentang table pada gambar 13,14,dan 15. Dari sisi  penampilan sepertinya agak rumit dan panjang. Sebenarnya table tersebut bisa dibuat lebih ringkas dan lebih mudah untuk di baca, akan tetapi perlu mengintegrasikan  beberapa rumus yang ada dalam Cell, dengan meniadakan kolom G, H, dan I.  Seperti pengintegrasian yang pernah dijelaskan pada  bahasan sebelumnya (bag 3),  cukup dengan COPY rumus yang ada di cell  G5 dan PASTE ke dalam rumus yang ada pada cell J5.
  1. Rumus  dalam Cell G5  adalah  AND(D5>=20;D5<=40) รจ COPY
  2. Kemudian tindas dan PASTE ke dalam rumus dalam Cell  J5 adalah    AND(G5=TRUE;H5=TRUE;I5=TRUE)
  3. Setelah di PASTE maka rumus menjadi  AND(AND(D5>=20;D5<=40)=TRUE;H5=TRUE;I5=TRUE),  begitu juga terhadap  H5 dan I5 diganti dengan rumus yang ada pada Cell  H5 dan I5, OK  anda pasti bisa.
Jika sudah selesai semua, maka  delete  Kolom  G, H, dan I  karena tidak dipergunakan lagi. Perhatikan gambar berikut :

Gambar  16.









Kini table semakin ringkas, sehingga bisa tambahkan kolom untuk keperluan data lain, misalkan untuk Alamat atau yang lainnya.  Kini anda tampak semakin faham tentang system dalam kehidupan, yang sedang anda pelajari tidak terlalu jauh dengan semua system yang ada dalam siklus alam dan kehidupan. Jika anda kuasai filosofi system maka rangkaian yang paling rumit sekalipun dapat dengan mudah  difahami.

Tidak ada komentar: