Translate

Selasa, 06 Agustus 2013

MENGOLAH DATA STATUS GIZI DENGAN MS EXCEL (bag 5)



Sehubungan bermasalah dengan metode yg di uraikan dibawah, maka download dengan klik disini atau


Untuk meningkatan pemahaman tentang MS Excel,  mari mencoba membuat aplikasi dengan MS Excel yang lebih riil dengan masalah yang ada dilapangan. Untuk kali tentang mengolah data Status Gizi dengan MS Excel. Seperti kita ketahui bersama software untuk mengolah Status Gizi sudah banyak beredar terutama yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, dan semakin menyajikan fitur lebih lengkap. Namun tidak jarang terjadi masalah dilapangan terutama bagi petugas Gizi Puskesmas.
Sebagai akibat apabila terjadi gangguan pada software tersebut, petugas gizi terpaksa mengolah data secara manual. Untuk kali ini tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi lagi karena saya akan sajikan buat Petugas Gizi dilapangan untuk membuat aplikasi pengolah data Status Gizi dengan MS Excel. Kelebihannya adalah :
  1.  Aplikasi program dibuat sendiri sehingga kemungkinan kecil menghadapi kendala.
  2. MS Excel secara umum lebih familiar, jika petugas gizi ternyata hanya sebagai user saja maka aplikasi dapat dikerjakan oleh orang lain.
  3. Data mudah di pindah-pindah dari satu computer ke computer lain tanpa harus menginstal program.
  4. Grafik tampil lebih eksklusif  sesuai dengan kreatifitas sehingga tidak membosankan.
Disamping ada kelebihannya, tentu juga ada kelemahannya, mengenai kelemahannya yang tahu pasti biasanya adalah Orang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Kementrian Kesehatan. sehingga tidak perlu  diuraikan disini.
Uraian tentang bagaimana membuat aplikasi pengolah data status gizi tidak sekaligus, sebagai tahap awal akan disajikan  Status Gizi dengan BB/U  untuk anak laki-laki (maklum formula tersebut penulis kotak-katik beberapa jam saja), di samping itu agar mudah difahami, akhirnya  akan dapatkan kesempurnaan  dalam pembuatan aplikasi tersebut, sehubungan penulis sekarang ini tidak berada dijajaran Dinas Kesehatan maka dibutuhkan masukan-masukan jika ternyata berbeda dengan ketentuan, akan tetapi pada dasarnya penulis mengacu pada SK Menteri Kesehatan no1995/MENKES/SK/XII/2010 tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi.

Langkah 1.
Buatlah table Status Gizi  (BB/U) untuk anak Laki-laki sesuai lampiran SK Menteri Kesehatan no. 1995/MENKES/SK/XII/2010.  Lihat contoh pada gambar berikut :
Gambar 17


Setelah selesai mengetik table (sebaiknya pakai dulu obat tetes mata biar  tidak kelelahan) maka lanjutkan :
Langkah 2.
Penamaan table dengan langkah range  table (A4 x H66) terlebih dahulu baru kemudian klik kanan => pilih : Name a Range => New Name  => PRIA

Gambar 18

 Langkah 3.
Buatlah table pada sheet2 (status gizi), seperti contoh pada gambar berikut :
Gambar 19



Untuk sementara tabel masih dalam keadaan kosong belum entry data, maka COPY dan PASTE  rumus berikut pada kolom Umur (bulan) pada baris pertama (H4 ) :
" =IF(OR(E4="";F4="";G4="");"";((YEAR(F4)-YEAR(E4))*12+MONTH(F4)-MONTH(E4))-IF((DAY(F4)-DAY(E4))<0 br="">


Kemudian COPY dan PASTE rumus berikut pada kolom STATUS GIZI  pada baris pertama (I4) :

{=IF(H5="";"";IF(IF(H5="";"";IF(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)<=G5;(G5-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;6)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5));(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)-G5)/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;4)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))))<-3 buruk="" gizi.xls="" tatus="">=-3;IF(H5="";"";IF(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)<=G5;(G5-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;6)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5));(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)-G5)/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;4)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))))<-2 gizi.xls="" kurang="" tatus="">=-2;IF(H5="";"";IF(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)<=G5;(G5-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;6)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5));(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5)-G5)/(VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;4)-VLOOKUP(H5;'Status Gizi.xls'!PRIA;5))))<=2);"GIZI BAIK";"GIZI LEBIH"))))   }

Jika sudah,  range  baris pertama  pada kolom Umur(bulan) dan STATUS GIZI, kemudian  COPY  dan  PASTE  ke bawah sebanyak kebutuhan dari data yang akan di entry (bisa memuat puluhan ribu data). Setelah itu silakan entri data Balita. Dalam aplikasi tersebut umur dan status gizi secara otomatis akan terisi setelah data dasatr di isi lengkap. Sebagai  permulaan sebaiknya semua pembuatan tabel sesuaikan persis dengan contoh, OK selamat mencoba  semoga dapat berkurang jumlah GIZI BURUK dilapangan, dan bertambah  KANTONG petugas GIZI tanpa adanya kasus GIZI BURUK.

2 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mas, maaf mau tanya kenapa file excel nya tidak bisa di download ya? mohon infonya, trims.